MACAM-MACAM SATELIT

Wednesday, April 3, 2013


Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Di alam ini ada dua satelit yang kita ketahui yaitu satelit alami dan satelit buatan, contoh dari satelit alami adalh bulan sebagai satelit bumi. Sedangkan untuk satelit buatan banyak macamnya dan akan kita ulas setelah ini.

MACAM-MACAM SATELIT BUATAN

satelit buatan adalah satelit yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu, seperti untuk pengiriman informasi ataupun untuk memantau apa yang terjadi di Bumi. dan di bawah ini adalh beberapa macam satelit buatan :

  1. Satelit astronomi adalah satelit yang digunakan untuk mengamati planet, galaksi, dan objek angkasa lainnya yang jauh. contoh :  satelit hubble yang di luncurkan pada tahun 1990 yang digunakan untuk memotret rose nebula 
  2. Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Kebanyakan satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner, meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit Bumi rendah. contoh : satelit televisi dan informasi pertama, satelit telstar 1 di tahun 1964 
  3. Satelit pengamat Bumi adalah satelit yang dirancang khusus untuk mengamati Bumi dariorbit, tetapi ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti pengamatan lingkunganmeteorologipembuatan peta, dll. contoh :  satelit LANDSAT yang digunakan untuk mengamati permukaan bumi 
  4. Satelit navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan bumi. Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika Serikat selain itu ada juga Glonass milik Rusia. Bila pandangan antara satelit dan penerima di tanah tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data posisi di suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata. 
  5. Satelit mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata. contoh : satelit pendukung pertahanan (DSP) yang digunakan untuk memberi peringatan awal dalam peluncuran rudal.DSP telah di guanakan Amerika sejak perang teluk 1991 
  6. Satelit tenaga surya adalah satelit yang diusulkan dibuat di orbit Bumi tinggi yang menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya kepada antena sangat besar di Bumi yang dapat digunakan untuk menggantikan sumber tenaga konvensional. contoh : satelit ikaros buatan jepang. 
  7. Stasiun angkasa adalah struktur buatan manusia yang dirancang sebagai tempat tinggal manusia di luar angkasa. Stasiun luar angkasa dibedakan dengan pesawat angkasa lainnya oleh ketiadaan propulsi pesawat angkasa utama atau fasilitas pendaratan; Dan kendaraan lain digunakan sebagai transportasi dari dan ke stasiun. Stasiun angkasa dirancang untuk hidup jangka-menengah di orbit, untuk periode mingguanbulanan, atau bahkan tahunan. Stasiun ruang angkasa juga digunakan untuk mempelajari efek jangka panjang penerbangan luar angkasa terhadap tubuh manusia dan menyediakan platfrom yang lebih banyak dan panjang untuk penelitian santifik dari yang telah tersedia dari kendaraan luar angkasa lainnya. contoh :  stasiun ruang angkasa internasional yang mengorbit di Bumi dengan ketinggian 360 Km, dan mulai beroprasi pada 2 November 2000. 
  8. Satelit cuaca adalah satelit yang diguanakan untuk mengamati cuaca dan iklim Bumi. contoh : satelit cuaca pertama yang diterbangkan oleh NASA, TIROS 1 yang diterbangkan tahun 1960. 
  9. Satelit miniatur adalah satelit yang ringan dan kecil. Klasifikasi baru dibuat untuk mengkategorikan satelit-satelit ini: satelit mini (500–200 kg), satelit mikro (di bawah 200 kg), satelit nano (di bawah 10 kg). contoh :  lima satelit yang di luncurkan dari stasiun luar angkasa internasional pada hari kamis 4 Oktober 2012 yang di sebut CubeSat yang digunakan untuk berbagai macam misi seperti observasi bumi, fotografi, dan demonstrasi teknologi dengan dengan mengirimkan LED pulse atau kode morse untuk menguji sistem komunikasi optik. 

Refrensi :

Nama : Ahsan Muzakki
NIM  : 115514265

5 comments:

Mengenai Saya said...

Trima kasih Pak.. Ilmunya
By: Murid SMP Muh 6 SBY

Mengenai Saya said...

www.ramarobotica.blogspot.com
Mudah I'am mudahan UN lulus 100% amiinnnn...

Mengenai Saya said...

tambah lagi Y isiblognya
2015

ferafe said...

Detail sekali pembahasannya, saya baru tau ternyata satelit banyak jenis nya, tergantung fungsi dll. Buat referensi saya yang sedang belajar SIG.

Kalau berkenan, kunjungi website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id
dan website pribadi saya di : https://ferafe.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

Unknown said...

Hmm

Post a Comment